Selasa, 07 Maret 2017

Jambu Kristal Dari Mas Ben (Bobe)

Jambu Kristal nama latin Psidium Guava
Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Hal tersebut tentunya membuka peluang bagi Indonesia untuk mengembangkan sektor pertanian dalam rangka kebutuhan pangan, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta memperbaiki keadaan gizi melalui penganekaragaman jenis makanan. Secara umum, Indonesia sebagai salah satu Negara yang beriklim tropis mempunyai peluang yang cukup besar untuk mengembangkan produk-produk pertanian khususnya produk pangan, dimana didalamnya terdapat produk hortikultura yaitu buah-buahan dan sayur-sayuran.

Walaupun jambu biji sudah dikenal lama oleh masyarakat di Indonesia tetapi budidaya tanaman ini masih sangat terbatas hanya daerah tertentu saja. Tanaman ini banyak ditemui sebagai tanaman pagar pekarangan, tanaman hias, dan tidak bersifat komersial serta pemeliharaanya juga kurang diperhatikan.

Banyak sekali jenis buah yang ada di Provinsi Bengkulu salah satunya adalah jambu kristal. Akhir-akhir ini jambu kristal menjadi primadona bagi penikmat jambu. Kenapa dinamakan jambu kristal? Karena warna daging buahnya yang jernih dan bersih seperti kristal. Kulitnya hijau terang, jambu kristal berbentuk bulat agak gepeng dan bisa berbuah sepanjang tahun.  Jambu kristal nama latinnya adalah (Psidium Guava sp) merupakan jambu biji kualitas super, rasanya manis dan renyah, dan hampir tak berbiji (kurang dari 3 persen dari buah).

Kerenyahan dan manisnya membuat anaku Faizan (1 th 5 bln)  tergiur dan langsung meminta untuk dibelahkan jambu kristalnya, alhasil jambu kristalnya hanya di gigit-gigit karena giginya belum banyak tumbuh.

Langsung disruput.....

Dilihat kok tidak ada bijinya ya?.....

Ahirnya berhasil mengigit jambu kristalnya..
Ngomong-ngomong jambu kristal itu pemberian dari Mas Ben salah satu anggota Komunitas Blogger Bengkulu (Bobe), Makasih ya mas...

Selain renyah dan manis jambu kristal banyak banget manfaatnya, antara lain untuk mencegah sembelit, menjaga kesehatan kulit, mengobati diare, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, baik untuk kesehatan tulang, dan sebagai zat antioksidan.


Rata-rata satu kilogram berjumlah empat buah jambu kristal 

Daging yang tebal dan dihiasi dengan sedikit biji, rasanya......

Jambu kristal bersanding dengan karya Nabilah SDIT Generasi Rabbani
Yang berminat Buah Jambu Kristal bisa order ke saya lewat komentar dibawah...

5 komentar:

  1. Bobe pak , hehehehe

    btw itu jambu kenapa ditarok di lantai sih, sayanga banget. anter ke rumah saya aja ya

    BalasHapus
  2. Selamat menikmati pak,,wah itu Faizanya tambah giginya..gigi jambu..hehe

    BalasHapus
  3. jambu ini enak banget pak, aku juga yang tanpa biji
    seger baget

    BalasHapus
  4. Mau dong, lempar sekeranjang ke Jogja, Mas Wit. :D

    BalasHapus