Selasa, 07 November 2017

Pembangunan Daerah Butuh Peran Himpunan Alumni Perguruan Tinggi

Keluarga Alumni Gadjah Mada menggelar seminar  nasional dengan mengangkat tema komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan tata laksana pemerintahan yang baik. 

Seminar ini menghadirkan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan mengundang Gurubesar Magister Administrasi Publik Universitas Gadjah Mada yogyakarta sebagai pembicara.




Dalam kesempatan ini Plt Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan ada tiga fungsi pemerintah.  Fungsi regulasi, mengeluarkan dan mengawal sebuah regulasi,  pemberdayaan dan pelayanan yang harus berjalan secara besinergi.

Pembangunan infrastruktur strategis daerah menjadi point utama  dalam rangka mendorong perekonomian dan daya saing daerah.  Dikatakannya Bengkulu Harus mengembangkan pelabuhan dan bandara sebagai infrasturtur strategis daerah.  Selain itu Bengkulu juga menggagas pembangunan moda transportasi kereta api sebagai penghubung dan membuka akses dengan provinsi tetangga. 



Peran perguruan tinggi dan ikatan alumni salah satunya Kagama,  melalui kajian implementatif,  kajian ekploratif pengembangan wawasan dan edukasi masyarakat sangat diperlukan untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan.

"Saya kira program - program seperti itu yang dibutuhkan daerah dan bisa diperankan alumni perguruan tinggi yang terhimpun dalam ikatan alumni, jika berkolaborasi secara keseluruhan akan sangat membantu," ujar lulusan kedokteran hewan UGM ini.

Sementara itu, Wahyudi Kumorotomo dalam pemaparannya menjelaskan  komitmen aparatur pemerintah yang belum baik terlihat dari kondisi umum pelayanan publik di indonesia masih banyak dikeluhkan. 


Pemberian pelayanan yang diskriminatif,  transparansi pelayanan yang rendah,  birokrat yang belum responsif,  masih adanya sikap arogansi penyedia layanan,  serta tidak adanya jaminan kepastian,  dalam aspek biaya, waktu, persyaratan dan informasi.

Mengatasi hal tersebut, dibutuhkan perencanaan daerah dengan membenahi visi dan misi yang disesuaikan dengan potensi lokal.  Perlunya penegakan sanksi atas rendahnya kinerja, serta reformasi birokrasi harus terwujud dalam integritas pegawai dan budaya kerja yang kuat.

Dikatakan ketua panitia seminar, Yuharudin, diharapkan melalui kegiatan ini,  keluarga besar alumni Gadjah Mada yang mempunyai beragam latar belakang dan profesi dapat ikut berperan dan memberikan sumbang saran guna mewujudkan pemerintahan yang baik di indonesia. (Fredy-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu)

1 komentar: