Selasa, 10 Desember 2019

Akademi Kesehatan Sapta Bakti Ciptakan Destinasi Wisata Baru di Tengah Kota Bengkulu

Parwitobiotech.com (9/12) Launching Kampung Tematik “Kampung Botol Raflesia Rawa Indah” Berlangsung sukses dan meriah. Berawal dari penandatanganan MoU  antara  pemerintah  kota (Wali  Kota) dengan  Akkes  Sapta  Bakti diwakili oleh Direktur Akkes  Sapta  Bakti Ibu Hj. Djusmalinar, S.KM.,M.Kes, kemudian  dilanjutkan  dengan  lomba  desain  kampung  tematik  4 kelurahan.  Akkes sapta bakti memilih Kecamatan Gading Cempaka untuk menjadi mitra, dengan dimotori oleh  Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta dosen dan mahasiswa untuk membuat suatu destinasi wisata yang ada di kota bengkulu. Dalam perjalanannya Akkes sapta bakti mendampingi 4 kelurahan dalam menyusun proposal dan membuat desain kampung  tematik dan akhirnya pemenang lomba jatuh pada  kelompok yang mengusung tema  Kampung  Botol  Raflesia  Rawa Indah yang terletak di  RT 05,  RW 02 Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka. Tema unik ini timbul karena di wilayah ini banyak masyarakatnya yang bekerja  sebagai  pengumpul  barang  bekas  terutama  botol  plastik,  namun masyarakat  belum  mampu  mengolah  botol dan sampah plastik  menjadi  kerajinan  yg  bernilai  tinggi,  mereka hanya  menjual  barang bekas  dengan  harga  yang  sangat  murah sehingga  muncullah  ide  gagasan  membuat destinasi  wisata dari  botol  bekas, memberdayakan dan mendampingi  masyarakat  untuk  berkarya  mengolah  sampah  menjadi  berkah ungap kepala Unit Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat Akkes Sapta Bakti Iin Nilawati, S.ST., M.Kes. 

Penyerahan penghargaan ke Direktur Akkes Sapta Bakti
Launching Kampung Tematik ini dihadiri dan diresmikan oleh Bapak Wakil Walikota Bengkulu Dedi Wahyudi SE, MM. Kampung Botol Raflesia Rawa Indah ini berlokasi di Jl. P. Natadirja RT 05 RW 02 Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Selain dihadiri oleh Bapak Wakil Walikota, Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu Ibu Hj. Djusmalinar, S.KM.,M.Kes, Bapak Kapolsek Gading Cempaka, Bapak Camat Gading Cempaka, Kepala BAPELITBANG, Bapak Lurah Jalan Gedang, Serta Tamu-tamu undangan lainnya dan juga warga-warga RT 05 RW 02 Jalan Gedang. 
Sambutan Wawali sekaligus peresmian kampung botol  
 Acara ini berjalan lancar, bapak Wakil Walikota Bengkulu memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada RT 05 RW 02  Jalan Gedang dan Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu selaku pendamping dalam pembangunan kampung botol, karena telah berhasil membangun kampung botol yang bisa memanfaatkan bahan-bahan bekas menjadi sebuah karya kerajinan tangan dengan motto “dari sampah dan botol menjadi berkah” serta menghasilkan produk-produk makanan dari  bahan organik.  Wakil Walikota Bengkulu juga menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian kampung tematik “Kampung Botol Raflesia Rawa Indah”. 

Penandatanganan prasasti Kampung Botol oleh Wakil Walikota Dedi Wahyudi SE, MM.
Semoga destinasi wisata ini bisa memberikan tempat bagi masyarakat untuk lebih kreatif dalam mengelola wilayah dan menjadikan tempat wisata bagi masyarakat luas. fasilitas yang ada sangat presentatif dan bisa berfoto untuk mengabadikannya. Diharapkan kampung ini menjadi percontohan bagi masyarakat yang lain dalam membangun dan melestarikan lingkungan sekitar pungkas Direktur Akkes Sapta Bakti.

Produk- Produk yang dihasilkan adalah kursi dan meja dari botol bekas, lampu lampion, tong sampah, bunga dari botol, hiasan gapura dari botol, rumah botol, dan produk makanan organic dari sayur-sayuran yaitu permen jelly tomat, pare krispi, stik buah naga, keripik bayam, dodol jahe, dodol tomat, saos tomat, serbuk instan jahe, dan masih banyak lagi. Diharapkan setelah launching, kampung botol ini bisa semakin maju dan dikenal oleh masyarakat luas.




Produk olahan warga kampung botol

Produk olahan yang renyah dan enak

produk meja kursi hasil dari limbah botol

produk tampak cantik

ada tempat jualan hasil olahan warga di kampung botol



lampion siap di jual

olahan yang ada di kampung botol


0 komentar:

Posting Komentar